Kamis, 30 Juni 2011

LAPORAN KONTES BAG 1

>>>>>Laporan Hasil Analisis Tes Prestasi Belajar
LEMBAR PERSETUJUAN

Laporan hasil analisis uji coba tes prestasi belajar pada mata
pelajaran MATEMATIKA kelas VII di MTS Darul ulum Sidoarjo ini telah
diperiksa dan disetujui untuk disajikan.



Surabaya, Juni 2011








Mengetahui






Guru Mata Pelajaran Dosen Pembimbing




Nila Noralita Roshidah, S.Pd Suhadianto Musthafa, M.Psi, Psi.



Kontruksi Tes
ii

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah yang Maha Rahman-Rahim, yang Maha Fattah-‘Alim yang telah memberikan karunia-Nya sehingga penulis mampu menyelesaikan laporan ini setelah melalui berbagai rintangan. Shalawat serta salam tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad Saw sebagai juru kunci menuju ridha-Nya.

Terselesaikannya laporan ini merupakan hasil kerja keras penulis dan berkat bantuan dari beberapa pihak yang telah memberikan bimbingan, kritik maupun saran. Untuk itu penulis menyampaikan terima kasih kepada:
1. Prof.Dr.Nur Syam.M.Si selaku Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya.
2. Dr Aswadi M.Ag selaku Dekan Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya
3. Dr.dr.Hj.Siti Nur Asiyah M.Ag selaku Ketua Program Studi psikologi.
4. Suhadianto Musthafa M.Psi.Psi selaku Pengampu mata kuliah Kontruksi tes.
5.Drs.Amiruddin selaku Kepala Sekolah MTS Darul Ulum Waru Sidoarjo.
5. Nila Noralita Roshidah S.Pd selaku guru mata pelajaran matematika.
6. Teman-teman kels 4/i yang telah membantu hingga terselesainya laporan ini.

Tiada imbalan yang dapat penulis berikan, kecuali hanya do’a semoga Allah SWT memberikan imbalan yang lebih baik kepada pihak yang bersangkutan yang telah memberikan banyak jasanya sehingga penulis mampu menyelesaikan laporan ini dengan baik.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Hal ini tidak lain karena keterbatasan kemampuan penulis oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca agar laporan ini menjadi lebih sempurna.

Demikian semoga dapat memberikan manfaat.





Surabaya, 05 Juni 2011


>>>>>Laporan Hasil Analisis Tes Prestasi Belajar
iii
Kontruksi Tes


Penulis




DAFTAR ISI
>>>>>Laporan Hasil Analisis Tes Prestasi Belajar

HALAMAN JUDUL............................................................... i
HALAMAN PERSETUJUAN ..................................................... ii
KATA PENGANTAR.................................................................. iii
DAFTAR ISI ........................................................................ iv
DAFTAR TABEL................................................................... v
DAFTAR GAMBAR .................................................................... vi
DAFTAR LAMPIRAN .............................................................................. vii

BAB I : PEDAHALUAN
A. Rasional ................................................................. 1

BAB II : PENGEMBANGAN SPESIFIKASI TES PRESTASI BELAJAR
A. Dasar Konseptual Mengenai Tes Prestasi Belajar......... 2
B. Tujuan Pengukuran .................................................. 3
C. Subjek Uji Coba ...................................................... 3
D. Materi Tes............................................................... 3
E. Blue Print Spesifikasi Tes ......................................... 3
.
BAB III: PENULISAN AITEM
A. Penulisan Aitem....................................................... 9
B. Tipe Aitem ............................................................. 9
C. Banyaknya Aitem & Waktu Penyajian Tes ................ 9
D. Soal Yang Hendak Di Uji Coba ............................... 10
E. Kunci Jawaban ....................................................... 16

BAB IV: PELAKSANAAN UJI COBA & ANALISIS BUTIR SOAL
A. Waktu dan Tempat Pelaksanaan .............................. 17
B. Analisis Aitem........................................................ 17
C. Penghitungan Standart Deviasi ................................ 19
D. Hasil Analisis Aitem ............................................... 20
E. Rangkuman Hasil Analisis Aitem ............................. 80

BAB V: SELEKSI BUTIR SOAL & PEMBAHASAN
A. Butir Soal yang Diterima & Yang Gugur.................... 85
B. Pembahasan Batir Soal yang Diterima ....................... 90
C. Pembahasan Batir Soal Yang Gurur........................... 91
D. Uji Reliabilitas Tes ................................................. 96

BAB VI: PENUTUP
A. Kesimpulan ............................................................ 98
B. Rekomendasi .......................................................... 99

DAFTAR PUSTAKA............................................................. 100

Kontruksi Tes
iv
DAFTAR TABEL
>>>>>Laporan Hasil Analisis Tes Prestasi Belajar

Tabel 1: Blue Print Tes Prestasi Belajar .................................. 5
Tabel 2: Blue Print Penyebaran Aitem Tes Prestasi .................. 7
Tabel 3 : Penghitungan Standart Deviasi ................................. 19
Tabel 4: Distribusi Skor Kriteria Subjek yang Memilih Berbagai Kemungkinan
Jawaban .................................................................. 20
Tabel 5: Rangkuman Hasil Analisis Uji Coba tes prestasi........... 81




















Kontruksi Tes
v

DAFTAR GAMBAR
>>>>>Laporan Hasil Analisis Tes Prestasi Belajar
Gambar 1: Diagram Taraf Kesukaran & Indeks Diskriminasi butir soal..... 83






















vi
Kontruksi Tes

DAFTAR LAMPIRAN
>>>>>Laporan Hasil Analisis Tes Prestasi Belajar

Lampiran 1: Tabulasi Jawaban Subjek Pada 30 Aitem Tes Prestasi Belajar....101
Lampiran 2: Tabel Skor Subjek Pada 30 Aitem Tes Prestasi Belajar............. 103
Lampiran 3: Skor Subjek Pada 30 Aitem Tes Prestasi Belajar yang Telah diurutkan..................................................................................... 105
Lampiran 4: Tabulasi Jalaban Subjek Yang Telah Dikelompokkan Berdasar Pada Skor Total................................................................................... 107
Lampiran 5: Penghitungan Reliabilitas ........................................................... 109




















vii

Kontruksi Tes

BAB I
>>>>>Laporan Hasil Analisis Tes Prestasi Belajar
PENDAHULUAN


A. Rasional
Dunia pendidikan, terlebih pendidikan formal merupakan Suatu sistem yang sangat kompleks, penyelenggaraannya memerlukan waktu, biaya, tenaga dan kerjasama berbagai pihak. Semua dilakukan untuk menghasilkan output yang berkualitas dan siap guna di era kompetitif ini. Keberhasilan suatu pendidikan selain dipengaruhi oleh faktor-faktor diluar sistem, juga akan sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor dalam sistem. Pengukuran, merupakan salah satu dari sekian faktor dalam sistem yang sangat menentukan keberhasilan pendidikan.
Dengan dilakukannya pengukuran, seorang pendidik akan dengan mudah menilai sampai sejauh mana tingkat pemahaman, penguasaan, bahkan dengan mudah dapat dihimpun informasi sampai sejauh mana peserta didik mampu mengaplikasikan, membuat sintesa, membuat analisis dan apakah peserta didik telah mampu melakukan kritik terhadap suatu pelajaran. Thorndike, et.al., 1991 (dalam Azwar 2003) menyatakan, hampir semua ahli teori belajar, baik pengikut faham behaviorisme maupun kogitivme, menekankan pentingnya umpan-balik (feed back) berupa nilai guna meningkatkan belajar. Pengukuran dalam dunia pendidikan juga sangat membantu dalam pengambilan-pengambilan keputusan, baik keputusan yang sifatnya didaktik maupun administratif. Dimana pengambilan keputusan tersebut haruslah didasari oleh informasi-informasi yang tepat, akurat dan reliabel berkaitan dengan permasalahannya. Salah satu alat ukur dibidang pendidikan yang sangat penting adanya sebagai informasi guna pengambilan keputusan adalah TES PRESTASI BELAJAR.


BAB II
>>>>>Laporan Hasil Analisis Tes Prestasi Belajar
PENGEMBANGAN SPESIFIKASI TES PRESTASI BELAJAR


A. Dasar Konseptual Mengenai Tes Prestasi Belajar
Tes prestasi belajar adalah salah satu alat ukur hasil belajar yang dapat mencakup semua kawasan tujuan pendidikan Benyamin S. Bloom dalam (Azwar, 2003) membagi kawasan tujuan pendidikan mejadi tiga bagian, yaitu kawasan kognitif, kawasan afektif, dan kawasan psikomotorik. Robert L. Ebel 1979 dalam (Azwar, 2003) menambahkan bahwa fungsi utama tes prestasi dikelas adalah mengukur prestasi belajar para siswa. Tes prestasi belajar disusun secara terencana untuk mengungkap apa yang oleh Cronbac 1970 dalam (Azwar, 2003) disebut sebagai performansi maksimal subjek (maximum performance). Banyaknya penggunaan tes prestasi belajar dalam proses pengambilan keputusan dalam dunia pendidikan, selanjutnya menempatkan tes prestasi belajar dalam beberapa fungsi, yaitu fungsi penempatan (placement), fungsi formatif, fungsi diagnostik dan fungsi sumatif.
Fungsi penempatan adalah penggunaan hasil tes prestasi belajar untuk klasifikasi individu kedalam bidang atau jurusan, fungsi formatif adalah penggunaan tes prestasi belajar guna melihat sejauh mana kemampuan belajar yang telah dicapai siswa dalam suatu program pendidikan, fungsi diagnostik adalah penggunaan tes prestasi belajar untuk mendiagnosis kesukaran-kesukaran dalam belajar, mendeteksi kelemahan-kelemahan siswa yang dapat diperbaiki segera, dan semacamnya, sedang fungsi sumatif adalah penggunaan hasil tes prestasi belajar untuk memperoleh informasi mengenai penguasaan pelajaran yang telah direncanakan sebelumnya dalam suatu program pelajaran. Tes sumatif merupakan pengukuran akhir dalam suatu program dan hasilnya dipakai untuk menentukan apakah siswa dapat dinyatakan lulus dalam program pendidikan tersebut atau apakahsiswa dinyatakan dapat melanjutkan ke jenjang program yang lebih tinggi.

B. Tujuan Pengukuran
>>>>>Laporan Hasil Analisis Tes Prestasi Belajar
Tujuan pengukuran prestasi hasil belajar ini adalah untukmelihat sejauh mana kemajuan belajar yang telah dicapai oleh siswa dalam suatu program pelajaran (fungsi formatif), dalam hal ini adalah mata pelajaran MATEMATIKA Kelas VII.

C. Subjek Uji Coba
Subjek yang akan dikenai pengukuran tes prestasi belajar mata pelajaran MATEMATIKA ini adalah siswa kelas VII MTS Darul Ulum Sidoarjo.

D. Materi Tes
Untuk menghasilkan validitas isi (content validity) yang baik, materi tes ditentukan berdasarkan pada pokok-pokok bahasan yang ada dalam buku ajar (Azwar, 2003). Dalam penyusunan alat ukur ini digunakan buku MATEMATIKA karangan Edy Sudarmanto, yang merupakan buku ajar dalam mata pelajaran MATEMATIKA kelas VII MTS. Adapun materi yang akan diujikan adalah sebagai berikut:
1. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
1.1. Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya.
1.2. Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapezium, jajaran genjang, belah ketupat dan layang-layang.
1.3. Menghitung keliling dan luas bangun datar segitiga dan segiempat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

E. Blue Print Spesifikasi Tes
Kontruksi Tes
3
Blue print digunakan untuk merumuskan setepat munkin ruang lingkup tekanan tes dan bagian-bagiannya, sehingga rumusan tersebut dapat menjadi petunjuk yang efektif bagi penyusun tes (Suryabrata, 1998). Selain itu penyusunan test blueprint juga berguna untuk meningkatkan kualitas aitem dan validitas isi tes, juga sebagai rambu-rambu agar dalam penyusunan tes tetap mengacu pada tujuan penyusunan (Azwar, 2003). Tabel tes blue print dibuat berdasarkan pada tujuan pengukuran, subjek yang hendak di kenai pengukuran dan berdasarkan pada materi perkuliahan sebagaimana diuraikan sebelumnya. Tabel test blue print ini berisi uraian isi tes dan tingkat kompetensi tes, yang didasarkan pada Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar materi pelajaran.
>>>>>Laporan Hasil Analisis Tes Prestasi Belajar

4























Kontruksi Tes

Tabel 1. Blue print Tes Prestasi Belajar

5
>>>>>Laporan Hasil Analisis Tes Prestasi Belajar
Satuan Pendidikan : MTS Darul Ulum Kelas VII/1 Kurikulum : KTSP
Mata Pelajaran: Matematika Jumlah Soal : 30
Alokasi Waktu : 60 Menit Alokasi Waktu : 60 Menit

NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR JUMLAH SOAL

F %

1
Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya

Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya Jenis-Jenis segitiga
1. Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya
2. Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya 10 33,3
Kontruksi Tes

Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapezium, jajaran genjang, belah ketupat dan layang-layang Persegi panjang, persegi, trapezium, jajaran genjang, belah ketupat dan layang-layang 1. Menjelaskan pengertian persegi panjang, persegi, trapezium, jajaran genjang, belah ketupat dan layang-layang menurut sifatnya
2. Menjelaskan sifat-sifat segiempat ditinjau dari sisi, sudut dan diagonalnya 11 36,7


Menghitung keliling dan luas bangun datar segitiga dan segiempat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah 1. keliling dan luas segitiga
2.keliling dan luas segiempat 1. menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segiempat
2. menghitung keliling dan luas segitiga
3. Menghitung luas dan keliling segiempat
4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat
8 26,7
>>>>>Laporan Hasil Analisis Tes Prestasi Belajar
Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu Segitiga 1. Melukis segitiga sembarang
2. Melukis segitiga sama kaki
3. Melukis segitiga sama sisi 1 3,3



















Kontruksi Tes
6

Tabel 2. Blue Print Penyebaran Aitem Tes Prestasi Belajar
>>>>>Laporan Hasil Analisis Tes Prestasi Belajar

Satuan Pendidikan : MTS Darul Ulum Kelas VII/1 Kurikulum : KTSP
Mata Pelajaran: Matematika Jumlah Soal : 30
Alokasi Waktu : 60 Menit Alokasi Waktu : 60 Menit
NO STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI INDIKATOR TARAF KOMPETENSI JUMLAH
C1 C2 C3 F %

1 Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya Jenis-Jenis segitiga 1. Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya
2. Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya 1,2,3,4,5 6,7,8,9,10 10 33,3
Kontruksi Tes
7
Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapezium, jajaran genjang, belah ketupat dan layang-layang Persegi panjang, persegi, trapezium, jajaran genjang, belah ketupat dan layang-layang 1. Menjelaskan pengertian persegi panjang, persegi, trapezium, jajaran genjang, belah ketupat dan layang-layang menurut sifatnya
2. Menjelaskan sifat-sifat segiempat ditinjau dari sisi, sudut dan diagonalnya 11,12,13,14,15 16,1718,19,20,21 11 36,7

Menghitung keliling dan luas bangun datar segitiga dan segiempat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah 1. keliling dan luas segitiga
2. keliling dan luas segiempat 1. menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segiempat
2. menghitung keliling dan luas segitiga
3. Menghitung luas dan keliling segiempat
4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat. 22,23,24,25,26,
27,28 29 8 26,7
>>>>>Laporan Hasil Analisis Tes Prestasi Belajar
Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu Segitiga 1. Melukis segitiga sembarang
2. Melukis segitiga sama kaki
3. Melukis segitiga sama sisi 30 1 3,3
JUMLAH F 11 18 1 30
% 36,7% 60% 3,3% 100






Kontruksi Tes
8































































































Kontruksi Tes